Apakah Permainan Domino dapat di Jadikan Pembelajaran Melatih Otak

Apakah Permainan Domino dapat di Jadikan Pembelajaran Melatih Otak?

Ketika siswa memasuki ruangan, saya berdiri di pintu dengan kotak domino saya dan meminta mereka untuk mengambil satu. Saya terkejut dengan tingkat kegembiraan mereka tentang menyerahkan domino saat mereka masuk ke kelas – ahhh kekuatan kebaruan dan antisipasi! Kami meminta mereka untuk menemukan seseorang yang cocok dengan titik-titik di kedua sisi domino mereka.

Kami menantang siswa untuk tidak hanya menemukan pasangan untuk diri mereka sendiri tetapi memastikan semua orang memiliki pasangan. Ini menjadi tantangan komunikasi sosial dan pemecahan masalah karena mereka harus melakukan perdagangan agar semua orang dapat menemukan pasangan. Siswa akhirnya terhubung dengan orang-orang di luar “grup teman” mereka. Ketika kami berakhir dengan set aneh, beberapa siswa menggunakan kreativitas mereka dan mengubah Permainan Domino terbalik (sisi kosong) menyatakan, “Kami cocok dengan cara ini.”

Bagaimana Permainan Domino Dapat Melatih Otak?

Apakah Permainan Domino dapat di Jadikan Pembelajaran Melatih Otak

Apakah Permainan Domino dapat di Jadikan Pembelajaran Melatih Otak

Para siswa berbagi satu sama lain apa yang diketahui tentang gempa bumi dan Tsunami di Jepang dan bagaimana mereka merasakannya. Setelah beberapa menit diskusi, kami meminta setiap pasangan untuk menemukan pasangan lain di kelas yang cocok dengan domino mereka dalam beberapa cara (pergi dari kelompok dua ke kelompok pembentuk empat). Kami kemudian meminta keempat kelompok ini untuk membandingkan percakapan mereka satu sama lain dan mendiskusikan mengapa peristiwa yang terjadi ribuan mil penting bagi kami di sini di Vermont. Permainan domino sangat cocok untuk di mainkan siapa saja, karena saat bermain domino tidak hanya bermain skil melainkan fikiran juga akan bermain.

Ini menyebabkan diskusi kelas penuh ketika kelompok-kelompok mulai mengajukan pertanyaan satu sama lain dan orang dewasa di dalam ruangan. Partisipasi aktif dan dialog kaya. Ini adalah salah satu diskusi yang lebih berarti yang kami alami dengan kelompok itu. Saya pikir memiliki kesempatan

Berfikir jenih saat bermain game domino

untuk merumuskan dan melatih berbagi pemikiran mereka dengan para mitra dan kemudian kelompok-kelompok kecil sebelum diskusi kelompok besar meningkatkan kemampuan dan minat mereka dalam berkontribusi pada diskusi sebagai satu kelompok.

Game Kartu Memori yang Cocok:

Musim gugur ini saya mencari lebih banyak cara untuk mengelompokkan para siswa ke dalam mitra untuk kegiatan-kegiatan dialog sehingga membeli beberapa permainan pertandingan memori untuk digunakan dalam sesi kelas saya. Saya menggunakannya ketika saya ingin cepat melibatkan siswa dalam berbagi berpasangan tentang pelajaran hari sebelumnya atau ketika saya memperkenalkan pertanyaan untuk mengatur konteks untuk kegiatan yang akan datang. Ketika siswa berjalan di pintu saya memberikan mereka kartu permainan pertandingan dan menantang mereka untuk menemukan pertandingan mereka dan berbagi pemikiran mereka satu sama lain mengenai pertanyaan yang ada di tangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *